4 Des 2005

Ayo Minum Teh

Kencana Teawood Set








03/12/2005
Festival Teh Jawa Barat Ke-3 2005
Minum Teh Harus Jadi Kebutuhan

PELAJAR PEJUANG, (GM).-

Minum teh di kalangan masyarakat Indonesia dilakukan karena kebiasaan. Umumnya masyarakat tidak mengetahui secara tepat, apa khasiat yang dikandung teh.Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat, Nu'man A. Hakim saat membuka "Festival Teh Jawa Barat ke-3 Tahun 2005", Jumat (2/12) di Ruang Krakatau Hotel Horison, Jln. Pelajar Pejuang '45 Bandung. Festival Teh akan berlangsung tiga hari, 2-4 Desember 2005 di Bandung Supermall, Jln. Gatot Subroto Bandung."Minum teh di masyarakat dilakukan karena kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun atau hanya untuk hidangan tamu. Padahal jika kita amati dan cermati, di luar negeri minum teh telah menjadi minuman yang wajib karena masyarakat luar negeri telah mengetahui khasiat teh bagi kesehatan yang dari hasil penelitian, daun teh ini mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang sangat bermanfaat bagi manusia," kata Nu'man dalam pembukaan yang dihadiri antara lain Direktur Budi Daya Tanaman Rempah dan Penyegar Departemen Pertanian, Ir. Rizky Muis, Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Ir. H. Mumu Ma'mun, dan Direktur PTPN VIII, Chalik.Masyarakat perlu disadarkan tentang manfaat teh sehingga pola konsumsinya berubah, dari sekadar kebiasaan menjadi kebutuhan. "Dengan mendorong masyarakat mengonsumsi teh, produksi teh dapat terus dipelihara yang pada gilirannya akan bermanfaat bagi tanaman teh yang dibudidayakan.

Dengan kepadatan yang cukup tinggi dan sistem pengelolaan yang baik, terbukti mampu menjaga kelestarian alam dan lingkungan, antara lain mencegah erosi, memelihara fungsi hidrologis, dan menekan laju emisi karbondioksida," ungkapnya.Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, lanjutnya, menaruh perhatian bagi perkembangan teh. Perhatian tersebut diwujudkan dengan membentuk Cooperative Commodity Development Centre, sebagai wadah bagi berkumpulnya para stake holder agrobisnis teh. Lembaga ini pun menjadi ajang berembuk guna memecahkan berbagai permasalahan mengenai teh.Menurut Nu'man, keterpurukan nilai jual teh bukan hanya semata-mata disebabkan ketidaktahuan masyarakat mengenai manfaat minum teh, akan tetapi juga disebabkan oleh kualitas produksi teh. Artinya selama ini masyarakat hanya mengetahui bahwa teh yang dijual yang berasal dari dalam negeri mempunyai kualitas rendah dibandingkan dari luar negeri. Persepsi inilah yang mendorong masyarakat untuk membeli produk teh dari luar negeri. Padahal produk dalam negeri pun jika diolah dengan baik akan menghasilkan teh yang kualitasnya tidak kalah dengan dari luar negeri. Untuk itulah wagub mengharapkan dalam kesempatan ini dapat disampaikan mengenai kualitas teh dalam negeri."Sudah saatnya sekarang ini kita memperhatikan bukan hanya sekarang kita memperhatikan bukan hanya budi daya teh itu sendiri, akan tetapi perlu memperhatikan pula industri penunjang teh. Artinya produksi teh yang dijual di pasaran bukan hanya dalam bentuk curah, akan tetapi telah dilakukan pengolahan lebih lanjut sehingga mempunyai nilai tambah," kata Nu'man.Dalam konteks ini, lanjut Nu'man, pemprov akan berusaha memfasilitasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi pengusaha, terutama dalam mengembangkan industri hilir di dalam negeri, khususnya di Jawa Barat. (B.32)**

Tidak ada komentar:

Pertanian Organik Indonesia

Pertanian organik adalah teknik budidaya dan pengusahaan pertanian dengan mengandalkan input dan sarana produksi bahan alami ( organik) tanpa menggunakan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik menyediakan aneka produk pertanian, khususnya bahan pangan yang aman bagi kesehatan baik bagi produsen ( petani) maupun konsumen, serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat kini telah menjadi standar dan melembaga secara internasional, dalam hal mana mensyaratkan jaminan bahwa, produk pertanian bagi konsumsi harus beratribut aman (food safety attributes), memiliki kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Preferensi konsumen di seluruh dunia kepada produk organik, menyebabkan permintaan produk pertanian berbahan alami di tingkat dunia internasional meningkat pesat. Permintaan pasar semakin prospektif, menuntut penyiapan sarana dan prasarana serta input bagi terselenggaranya perkembangan pertanian organik Indonesia.

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :
Telp: +62-22-87800115- 5946236, sms +62-811208648- 81572527115, e mail : marketing@kencanaonline.com, Jl. Raya Banjaran No 390 Pameungpeuk KM 13 Bandung, Skype : kencanaonline1,

Bacaan Ikhwal Organik

Cari di Organik Indonesia

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pertanian Organik Indonesia

Foto saya

Unique- Healthy & Eco Friendly

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik
Kini mengolah sampah di kota - sebagai sumber organik- karena bahan konsumsi dari pertanian di angkut semua ke pasar di kota- makin menggairahkan. kebutuhan kompos bagi bahan baku organik granul makin terbuka setelah teknologi granulasi bahan organik tersokong oleh subsidi pemerintah atas pupuk organik granul.

Video Organik Indonesia

Loading...

Video Produk Organik Indonesia

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini