4 Jan 2006

Kerumitan Mengantar Aneka Khasiat Teh Hijau Sedini




Mengapa Perlu Kemitraan Dengan Petani Teh Hijau ?

Tanaman teh ( Camellia Sinensis ) banyak ditanam di berbagai negara di dunia sejak zaman baheula, termasuk Indonesia khususnya di Jawa Barat. Teh dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan beriklim sejuk pada ketinggian lebih dari 1.800 meter di atas permukaan laut (dpl). Tanaman ini berakar tunggang dengan banyak cabang setinggi 4–8 meter. Daun teh berbentuk mangkuk panjang dengan gerigi halus pada pinggirannya. Daun teh yang berwarna hijau ini mendominasi perkebunannya yang identik dengan hamparan warna hijau di kaki pegunungan sebagaimana dapat kita lihat di sepanjang Puncak, Gn Mas, Cianjur Selatan, Garut Selatan, Sukabumi dan berbagai daerah lainnya di Kab Bandung Jawa Barat. Bunga teh berwarna putih dengan serbuk sari berwarna kuning.

Dari tanaman teh dapat dihasilkan berbagai jenis teh yang diolah berdasarkan jenis teh - yaitu teh hitam dihasilkan melalui proses fermentasi, teh merah melalui proses semi fermentasi, sedangkan teh hijau diperoleh tanpa proses fermentasi, demikian juga dengan teh putih.

Maka sejak 1993, perusahaan CVSK menjalin hubungan erat dengan para petani di Sukaraja dan Desa Takokak Sukabumi, Cikajang dan Bayongbong Garut serta Cikalong dan Pangalengan Kab Bandung dari mulai penyediaan bibit clon terbaru ( Gambung), penyediaan kompos Green Phoskko® dan bahkan penyediaan alat pembuat kompos berupa Komposter Biophosko ( tahun 2005), pupuk spesifik tanaman Gramafix® Teh sampai kemudian membeli hasilnya berupa teh hijau menjadi Sedini® Green Tea dengan harga pantas dan saling menguntungkan. Bahan teh hijau yang dilakukan standarisasi saat pemetikan sampai pelayuan hingga menjamin higienis ini akan dikemas dalam kemasan inner plastik dan juga ada dalam kemasan alumunium foil dan kemudian dimasukan kedalam kemasan karton serta diberi lapisan outer shrink guna mempertahankan aroma di dalamnya.


Mengapa Berkomitmen Pada Pengembangan Teh Hijau ?

Visi menjadi perusahaan prinsipal dan menjalin kemitraan dengan para petani menghasilkan aneka produk unik dan menyehatkan (Unique & Healthy) terdorong oleh banyaknya manfaat teh hijau bagi kesehatan manusia. Berkaitan dengan kaum wanita misalnya, khasiat teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan payudaranya. Namun, barangkali sebagian masih meragukan kebenarannya. Kini keraguan tersebut telah terjawab. Senyawa yang terkandung dalam teh hijau memang dapat melindungi payudara dari serangan kanker. Teh juga sangat bermanfaat bagi kesehatan payudara wanita. Soalnya, berdasarkan pengamatan sejauh ini di negara-negara yang rajin mengkonsumsi teh hijau setiap hari, tingkat kanker payudara wanitanya sangat rendah. Bagi mereka, teh dianggap sebagai salah satu makanan sehat.

Selain itu, peneliti utamanya, Dr. Gail Sonenshein, bahkan mengatakan bahwa teh sama sekali tidak mempunyai efek samping yang merugikan. Karena itu, orang tidak perlu takut mengkonsumsi tiga hingga lima cangkir teh per hari. Tidak ada masalah apabila orang rajin minum teh hijau sebagai langkah pencegahan.Dosen biokimia dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston ini menambahkan, teh hijau terutama dapat mencegah kanker payudara yang diakibatkan oleh faktor lingkungan. Namun, ia menganjurkan agar pasien yang sedang menjalani radiasi atau kemoterapi kanker payudara perlu konsultasi dengan dokter sebelum ia mencoba minum banyak teh.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cellular Biochemistry edisi Juli 2001 tersebut, kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak dalam teh tersebut berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut.
Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan.Menurut studi tersebut, daun teh hijau yang telah dikeringkan terdiri dari 40% polifenol. Selain dapat memerangi kanker payudara, zat ini juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, usus besar, dubur, hati, dan pankreas.

Disamping manfaat pada pencegahan kanker, semua jenis teh- khususnya teh hijau, mengandung fluoride, suatu mineral yang dapat mencegah pertumbuhan karies pada gigi, mencegah radang gusi dan gigi berlubang. Maka, disarankan untuk selalu minum teh setelah makan. Karena kondisi gigi seringkali menggambarkan kondisi jantung. Teh hijau mengandung vitamin C dosis tinggi dan vitamin lainnya dalam jumlah sedikit. Kandungan mangan ( Mn) - yang terdapat pada teh hijau dapat membantu penguraian gula menjadi energi, sehingga bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah bagi yang potensial terkena sakit diabetes melitus. Selain itu, teh hijau memiliki sejumlah senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Perlu diketahui, teh hijau juga mengandung zat aktif berupa antioksidan alami. Hal ini membuat teh hijau yang dikonsumsi mampu melindungi sel-sel tubuh dari berbagai pengaruh radikal bebas yang berperan besar menimbulkan kanker, penyumbatan pembuluh darah, dan gangguan jantung. Dari hasil riset di Erasmus University Medical School, Rotterdam mengungkapkan pula, pembuluh darah balik besar (aorta) para responden yang gemar meminum teh hijau memiliki lapisan yang melindungi terjadinya penggumpalan darah. Kondisi ini menyebabkan menurunnya kemungkinan terjadinya serangan jantung koroner.

Apa Peranan CVSK Dalam Mempromosikan Teh Hijau ?


Disamping menampilkan Teh Hijau Sedini di berbagai event Expo meliputi Tea Festival, KBRI River Valley Singapore Expo, MAHA EXPO, Harganas di Jakarta dan Bogor serta menempatkan produk guna dapat diperoleh secara Online di KencanaOnline.com, kami juga membuka gerai Herbal Corner. Guna memanjakan dan menyediakan teh hijau Sedini- bagi peminat yang sadar akan kesehatan ini, tersedia juga Tea Set Tray Kencana berbahan kayu mahoni lengkap dengan alat seduh 80 derajat celcius - Abid Gourmet - sebagaimana disarankan dalam menyeduh teh hijau.

Tidak kurang dari Wakil Gubernur Jawa Barat, Nu'man Abdul Hakim, serta Mulyadi Sukandar- Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat pun senang hati menyambangi corner CVSK di suatu event Tea Festival sambil merasakan Seduhan Teh Hijau Sedini bersama aneka camilan AkuOke nan BerSeka ini.

Bagaimana Cara Menyeduh dan Menyediakan Teh Hijau Sedini® ?


Bagi kebudayaan Cina, Srilangka dan bahkan di Inggris, minum teh adalah suatu tradisi agung dengan tatacara dan upacara tertentu. Bahan teh hijau Sedini yang beraroma khas pelayuan tanpa fermentasi ini tersimpan dalam packing 82 gram didalamnya terlindungi plastik kedap. Ambil beberapa sendok sesuai kesiapan menerima rasa pahit dan kesatnya. Sementara seduhlah air sampai mendidih kemudian diamkan dalam keadaan On Power hingga air terjaga dalam level 80 derajat celcius. Tuangkan 5 sendok kecil ( tea spoon) teh Sedini dalam Alat Seduhan Teh & Kopi "ABID GOURMET"- yang bagian bawahnya memang dapat berfungsi sebagai saringan pada saat menekan bagian atas diatas cangkir. Setelah dituangkan air sampai penuh, siapkan Tea Set Tray Kencan_A mahoni lalu menata cangkir, gelas tester dan aneka nampan unik. Maka, dengan menekan Abid Gourmet pada cangkir otomatis akan keluar minuman teh hangat. Jika diperlukan mencium aromanya, tuangkan pada glas tester terlebih dahulu. Kini anda siap menerima aneka khasiat polifenol, antioxidant dan vitamin dosis tinggi sekaligus dalam setiap cangkir Sedini® tersebut.

Proses panjang mulai penyaiapan asupan hara organic dan pupuk khusus Gramafix Teh sampai kepada pemetikan dan pelayuan tanpa fermentasi, kemudian sortir dan pengemasan Sedini® hingga penyeduhan mengantarkan aneka khasiat - bagi kesehatan anda dalam setiap cangkir teh hijau - yang anda nikmati. Selamat menikmati rasa khas agak pahit, kesat yang bisa dinetralisasi jika sekaligus sediakan aneka camilan manis. Namun, jika sudah 5 kali minum akan terbiasa dan intim dengan rasa khas kesat ini.
Dan…………………………………………….. Seduhan Ini pun Nikmat ( Sedini®) saja kok +++++++++++++++++++++)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Ya, mungkin karena itu

Anonim mengatakan...

Tak, prawdopodobnie tak jest

Anonim mengatakan...

Ya, mungkin karena itu

Pertanian Organik Indonesia

Pertanian organik adalah teknik budidaya dan pengusahaan pertanian dengan mengandalkan input dan sarana produksi bahan alami ( organik) tanpa menggunakan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik menyediakan aneka produk pertanian, khususnya bahan pangan yang aman bagi kesehatan baik bagi produsen ( petani) maupun konsumen, serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat kini telah menjadi standar dan melembaga secara internasional, dalam hal mana mensyaratkan jaminan bahwa, produk pertanian bagi konsumsi harus beratribut aman (food safety attributes), memiliki kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Preferensi konsumen di seluruh dunia kepada produk organik, menyebabkan permintaan produk pertanian berbahan alami di tingkat dunia internasional meningkat pesat. Permintaan pasar semakin prospektif, menuntut penyiapan sarana dan prasarana serta input bagi terselenggaranya perkembangan pertanian organik Indonesia.

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :
Telp: +62-22-87800115- 5946236, sms +62-811208648- 81572527115, e mail : marketing@kencanaonline.com, Jl. Raya Banjaran No 390 Pameungpeuk KM 13 Bandung, Skype : kencanaonline1,

Bacaan Ikhwal Organik

Cari di Organik Indonesia

Memuat...

Share it

Pertanian Organik Indonesia

Foto Saya

Unique- Healthy & Eco Friendly

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik
Kini mengolah sampah di kota - sebagai sumber organik- karena bahan konsumsi dari pertanian di angkut semua ke pasar di kota- makin menggairahkan. kebutuhan kompos bagi bahan baku organik granul makin terbuka setelah teknologi granulasi bahan organik tersokong oleh subsidi pemerintah atas pupuk organik granul.

Video Organik Indonesia

Loading...

Video Produk Organik Indonesia

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini