4 Des 2010

Pupuk Organik: Instalasi Produksi Kompos Kota (IPKK), Dukung Pertanian Organik

Pupuk Organik: Instalasi Produksi Kompos Kota (IPKK), Dukung Pertanian Organik

Harapan berkembangnya pertanian organik di Indonesia makin nampak dengan besarnya sampah dan limbah tanpa pengelolaan. Pola pertanian dan pusat penjualannya, berupa pasar tradisional, di hampir semua negara sedang berkembang seperti Indonesia, memang awal timbulan sampah dan limbah di kota.Petani menjual hasil, umumnya langsung dipetik dari kebun sebagaimana adanya, dibawa ke pasar berikut limbahnya. Sortir bahan pangan seperti sayuran dan hewan ternak, baru dilakukan di di pasar, pengecer dan rumah tangga. Pola demikian melahirkan bahan ikutan hasil pertanian ke kota, menjadi sampah dan limbah organik di perkotaan.

Sampah dan limbah jenis organik dari pusat produksi di pertanian, mendominasi komposisi sampah dan limbah perkotaan, bahkan bagi kota kecil bisa mencapai 74 % dari total sampah. Hal berbeda, misalnya negara maju seperti Singapura, statistik sampah di negara itu menunjukkan kalau anorganik ( undegradable material) justru dominan hingga 94 %, sementara katagori organiknya hanya 6 %. Pemahaman itulah yang mendasari penggunaan teknologi pengelolaan sampah kota di Indonesia dan Singapura seyogyanya berbeda. Pembakaran ( insenerasi) menjadi energi pembangkitan listrik di Singapura dan negara maju lain dapat difahami, keperluan input energi bagi pembakaran akan jauh lebih kecil dibanding output energi yang dihasilkan. Hal berbeda, bagi jenis sampah organik, kendati secara teknis teknologis bisa dilakukan, namun akan memerlukan energi bakar jauh lebih besar dibanding dengan keperluan membakar anorganik. Bagi katagori sampah organik, teknologi produksi kompos, akan tetap menjadi pilihan terbaik. Dasar berfikir itu kemudian melahirkan berdirinya banyak Instalasi Produksi Kompos Kota (IPKK) di berbagai kawasan komersial. Manfaat ganda dari keberadaan instalasi IPKK ini, disamping menyelesaikan masalah sampah, juga menghasilkan material pupuk organik. Keberadaan Instalasi Produksi Kompos Kota (IPKK) dukung pertanian organik, akan menjadi pemandangan baru masa depan pengelolaan sampah di Indonesia.*)            





2 komentar:

Anonim mengatakan...

Beneficial info and excellent design you got here! I want to thank you for sharing your ideas and putting the time into the stuff you publish! Great work!

KencanaOnline.Com mengatakan...

thank you for your flattery, we made great efforts in the process of organic material. In Indonesia, almost all parts of the plant was brought farmers to the city, the sort in the center of trade (market), leaving no waste to be returned to the soil

Pertanian Organik Indonesia

Pertanian organik adalah teknik budidaya dan pengusahaan pertanian dengan mengandalkan input dan sarana produksi bahan alami ( organik) tanpa menggunakan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik menyediakan aneka produk pertanian, khususnya bahan pangan yang aman bagi kesehatan baik bagi produsen ( petani) maupun konsumen, serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat kini telah menjadi standar dan melembaga secara internasional, dalam hal mana mensyaratkan jaminan bahwa, produk pertanian bagi konsumsi harus beratribut aman (food safety attributes), memiliki kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Preferensi konsumen di seluruh dunia kepada produk organik, menyebabkan permintaan produk pertanian berbahan alami di tingkat dunia internasional meningkat pesat. Permintaan pasar semakin prospektif, menuntut penyiapan sarana dan prasarana serta input bagi terselenggaranya perkembangan pertanian organik Indonesia.

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :
Telp: +62-22-87800115- 5946236, sms +62-811208648- 81572527115, e mail : marketing@kencanaonline.com, Jl. Raya Banjaran No 390 Pameungpeuk KM 13 Bandung, Skype : kencanaonline1,

Bacaan Ikhwal Organik

Cari di Organik Indonesia

Memuat...

Share it

Pertanian Organik Indonesia

Foto Saya

Unique- Healthy & Eco Friendly

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik
Kini mengolah sampah di kota - sebagai sumber organik- karena bahan konsumsi dari pertanian di angkut semua ke pasar di kota- makin menggairahkan. kebutuhan kompos bagi bahan baku organik granul makin terbuka setelah teknologi granulasi bahan organik tersokong oleh subsidi pemerintah atas pupuk organik granul.

Video Organik Indonesia

Loading...

Video Produk Organik Indonesia

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini