22 Des 2013

Membangkitkan Biometan dan Produksi Pupuk di Hulu Sungai Citarum

Pada awalnya 36 ton sampah dan kotoran ternak dimasukan memenuhi digester Biogas, Bio Elektrik dan Pupuk, namun di hari selanjutnya pengisian kontinyu 1.8 ton/ hari. Itulah kegiatan baru Tim Kelompok Masyarakat (TKM) yang mayoritas berusaha sebagai peternak sapi perah dan petani sayuran di Kec Kertasari, areal hulu sungai Citarum atau tepatnya di kaki Gunung Wayang, berikhtiar mengurangi buangan sampah di bantaran hulu Sungai Citarum.

Dibawah bimbingan Tim ICWMRIP, instalasi olah sampah dan limbah peternakan ini kini menghasilkan gas yang, setelah dimurnikan, menjadi gas alam terbaharui ( renewable natural gas) atau biometan RNG. Sebagai energi ramah lingkungan dan terbarukan, biometan ini digunakan menghidupkan listrik melalui genset 2 x 5 KVA, mampu memberi daya listrik bagi peralatan mesin pembersih limbah plastik (MPLP), peralatan pertukangan ( air tool berbasis kompresor), serta penerangan. Khusus penerangan, melalui inverter 2 KW dan 8 accu ( 50 amp, 12 V), sebagai power bank berkekuatan simpan daya 4.8 KWH, cukup sebagai back up menyalakan lampu 200 watt selama 24 jam.

Dari 4 digester @9 m3, bukan saja dihasilkan sekurangnya 40 m3 biometan, namun juga lumpurnya adalah pupuk organik, yang mudah diaplikasikan bagi Pupuk dan Pemupukan pertanian sayuran dan bahan pangan yang membentang luas di wilayah sejuk kaki gunung Wayang ini. Diketahui dari 1,8 ton material input harian bagi proses fermentasi akan dihasilkan 40 % berupa kompos padat ~ 720 kg serta pupuk cair 720 liter.

Hasil pupuk harian sebesar diatas tentu saja menggembirakan masyarakat Kec Kertasari yang mayoritas petani dan peternak sapi perah tersebut. Disatu pihak petani mendapat pupuk dekat lokasi tanpa harus bergantung kepada pemasok pupuk (kimia) dari kota, dan disaat sama, peternak sapi perah pun dapat mengolah limbahnya. Hasil harian, disamping pupuk, berupa 40 m3 biometan, tentu saja membantu masyarakat memiliki bahan bakar bagi genset, mesin (engine) maupun energi panas (kompor) - yang diketahui memiliki kesetaraan kalori dengan 19,2 kg LPG atau, ketika digunakan bagi pembangkitan listrik akan dihasilkan 40 KWH.

Sejak pekan lalu uji coba dan hari ini, Rabu ( 18/12), dilakukan training for trainers (TOT) al dengan narasumber Sonson Garsoni, kita berharap geliat semangat masyarakat di hulu sungai Citarum mengurangi timbulan limbah ke sungai - terbesar dan terpanjang di Jawa Barat ini - akan terus terpelihara. Dan manfaatnya pun, secara perlahan dan kendati baru sedikit, akan dirasakan masyarakat di hilir. Setidaknya, berkurangnya buangan limbah pencemar sungai Citarum 1.8 ton/hari (*)

http://www.kencanaonline.com/

Tidak ada komentar:

Pertanian Organik Indonesia

Pertanian organik adalah teknik budidaya dan pengusahaan pertanian dengan mengandalkan input dan sarana produksi bahan alami ( organik) tanpa menggunakan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik menyediakan aneka produk pertanian, khususnya bahan pangan yang aman bagi kesehatan baik bagi produsen ( petani) maupun konsumen, serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat kini telah menjadi standar dan melembaga secara internasional, dalam hal mana mensyaratkan jaminan bahwa, produk pertanian bagi konsumsi harus beratribut aman (food safety attributes), memiliki kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Preferensi konsumen di seluruh dunia kepada produk organik, menyebabkan permintaan produk pertanian berbahan alami di tingkat dunia internasional meningkat pesat. Permintaan pasar semakin prospektif, menuntut penyiapan sarana dan prasarana serta input bagi terselenggaranya perkembangan pertanian organik Indonesia.

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :
Telp: +62-22-87800115- 5946236, sms +62-811208648- 81572527115, e mail : marketing@kencanaonline.com, Jl. Raya Banjaran No 390 Pameungpeuk KM 13 Bandung, Skype : kencanaonline1,

Bacaan Ikhwal Organik

Cari di Organik Indonesia

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pertanian Organik Indonesia

Foto saya

Unique- Healthy & Eco Friendly

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik
Kini mengolah sampah di kota - sebagai sumber organik- karena bahan konsumsi dari pertanian di angkut semua ke pasar di kota- makin menggairahkan. kebutuhan kompos bagi bahan baku organik granul makin terbuka setelah teknologi granulasi bahan organik tersokong oleh subsidi pemerintah atas pupuk organik granul.

Video Organik Indonesia

Loading...

Video Produk Organik Indonesia

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini