15 Mei 2014

Konversi Energi dan Pupuk Organik Dari Aneka Jenis Sampah Mendukung Clean Green City (CGC)

Setiap 50 m3 setara berat 15 ton sampah yang memasuki TPST atau depo setiap hari, dibongkar (unloading) dari truk dicurahkan keatas conveyor pemilah rel ganda dan dialirkan secara perlahan untuk diambil jenis organik dan plastik bernilai tinggi (PE, PET) oleh tenaga pemilah di bagian kanan dan kiri conveyor. Jenis organik dialirkan conveyor ke hopper Mesin Pencacah Organik (MPO) untuk diumpan ke komposter Rotary Kiln dan digester biogas. Sementara jenis plastik dicacah dan otomatis tercuci pada Mesin Pencacah Plastik kemudian diumpan kedalam reaktor pirolisis stainelss  yang terdapat dalam Gasifier GS 500. Jenis sampah lain ( unrecycle) diluar jenis diatas diumpan conveyor secara langsung ke hopper pengumpan dan pemisah lindi memasuki reaktor Gasifier GS 500. Cairan lindi (lecheate) dari press screw langsung dialirkan kedalam reaktor biogas. 
Itulah cara Gasifier dalam menuntaskan masalah yang ditimbulkan Sampah di suatu TPS Terpadu. Gasifier GS 500 adalah reaktor gasifikasi sampah hasil penambahan fitur dan upgrade spesifikasi dari tungku gasifikasi biomassa yang telah dikembangkan di Bandung sejaktahun 2005. Dengan ketebalan dinding reaktor terbuat dari logam MS dilapisi bata kastabel serta aneka fitur baru ( reaktor pirolisis, pemantik plasma torch, ionisasi asap, pemeras lindi dan pengendap tar ) Gasifier GS 500 bekerja pada suhu tinggi mengkonversi aneka jenis sampah dan limbah ( plastik, sampah B3, perca kain, kayu dan sejenisnya) tanpa lagi memerlukan bahan bakar minyak (BBM). Syngas (H2, CO) serta minyak bakar ( fuel oil) hasil pirolisis tidak mengandung emisi ( furan dan dioksin) yang beresiko kepada kesehatan maupun lingkungan. Reaktor Gasifier GS 500, yang diperlengkapi plasma torch series 3500 ini, berkemampuan melakukan gasifikasi aneka jenis sampah secara reaksi kimiawi pada temperatur tinggi dan sedikit udara (termokimia). Dengan panas tinggi, biomassa (termasuk aneka jenis sampah) mengalami pengeringan pada temperatur sekitar 100oC, kemudian pada temperatur 250oC- 500oC akan mengalami perekahan molekul besar menjadi molekul-molekul kecil, selanjutnya proses oksidasi hingga temperatur 1200oC. 
 Reaktor Gasifier GS 500 terbuat dari silinder logam Mild steel MS ST 37 berdimensi ( tinggi= 2,4 m, diameter= 1,53 m), ketebalan bata tahan api ( castable/ refractory) min 12 cm pada ketahanan menerima beban temperatur tinggi > 1700o Celcius. Di dalam ruang gasifier (combustion chamber) terpasang reaktor pirolisis berupa silinder kedap udara ( diameter 40 cm, tinggi= 100 cm) terbuat dari stainless steel yang dilengkapi manifold pengumpan bijih plastik secara kontinyu serta kondensat berupa pipa stainless 1 inchi, panjang 2 m. Sistim pirolisis memiliki kapasitas konversi ( convert capacity) 25 kg biji plastik per jam atau 600 kg biji plastik menjadi 540 liter minyak bakar/ hari.
Gasifier GS 500 dilengkapi burner pemantik (electric plasma torch) series 3.500 (flame temperature hingga 8000 oCelcius) menjadi sangat efisien melakukan self burning.Sementara itu, pengepres dan pemisah lindi ( screw press feeder) berpenggerak motor listrik (3 PK, 3 Phase) menjamin meratanya jumlah material sekaligus terjadinya homogenitas kadar air sampah yang masuk ke pengumpan, Selanjutnya, bagi jaminan keluaran yang ramah lingkungan, gasifier GS 500 dilengkapi siklon (cyclon) pemisah debu kasar, pengendap air dan tar yang terkondensasi, pendingin gas (condensor), filter penyaring debu halus dan asap ( ElectroStatic Precipitator (ESP).
Kapasitas konversi dari  termokimia sampah (padatan) menjadi bahan bakar gas ( syngas) pada reaktor Gasifier GS 500 sebesar 500 kg sampah/ jam setara 12 ton sampah/ hari, atau setara 30 m3/ hari. Material sampah sebesar tersebut, dalam wadah gasifier GS 500, dikonversi menjadi hidrogen dan karbon monoksida (H2, CO), atau dikenal juga sebagai gas sintetik (syngas). Keluaran syngas yang digunakan sebagai bahan bakar memanaskan reaktor pirolisis plastik terpilih (PE,PET) selanjutnya, menghasilkan minyak bakar ( fuel oil).
Dengan spesifikasi dan kelengkapan fitur diatas, Reaktor Gasifier GS 500 sangat berperan penting bagi terselesaikannya masalah yang ditimbulkan dari sampah di perkotaan. Jenis dan karakter material yang telah dapat terselesaikan cara biologi ( proses dekomposisi menjadi kompos (aerob) maupun biogas (anaerob),
dengan dilengkapi teknologi berbasis proses termokimia dalam reaktor Gasifier GS 500 akan mengkonversi (convert) aneka plastik dan un-recycle waste sehingga semua jenis sampah dapat dituntaskan di level TPS maupun Depo Sampah.

Kehadiran Gasifier GS 500 diantara teknologi dekomposisi (komposter) serta fermentasi ( digester biogas) akan menempatkan pengelolaan sampah perkotaan mencapai sistim produksi bersih (zero wate), tanpa menyisakan residu secara berarti untuk dibuang ke Tempat Pengolahan Akhir Sampah (TPA). Itulah yang kemudian banyak pihak menyebut kehadiran teknik konversi menjadi energi (energy convert) gasifier GS 500 adalah suatu cara cepat selesaikan masalah sampah perkotaan agar bersih dan hijau (green and clean). Paket teknologi Gasifier GS 500 melengkapi digester biogas dan komposter dalam suatu tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) diibaratkan sebagai cara "Sapu Jagat" melakukan konversi semua jenis sampah guna mendukung pencapaian clean green city (CGC).
Selanjutnya, 
Posko Hijau ( Kelola Sampah Berbasis Komunitas): Cara "Sapu Jagat" Konversi Semua Jenis Sampah Mendukung Clean Green City (CGC)

Tidak ada komentar:

Pertanian Organik Indonesia

Pertanian organik adalah teknik budidaya dan pengusahaan pertanian dengan mengandalkan input dan sarana produksi bahan alami ( organik) tanpa menggunakan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik menyediakan aneka produk pertanian, khususnya bahan pangan yang aman bagi kesehatan baik bagi produsen ( petani) maupun konsumen, serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat kini telah menjadi standar dan melembaga secara internasional, dalam hal mana mensyaratkan jaminan bahwa, produk pertanian bagi konsumsi harus beratribut aman (food safety attributes), memiliki kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Preferensi konsumen di seluruh dunia kepada produk organik, menyebabkan permintaan produk pertanian berbahan alami di tingkat dunia internasional meningkat pesat. Permintaan pasar semakin prospektif, menuntut penyiapan sarana dan prasarana serta input bagi terselenggaranya perkembangan pertanian organik Indonesia.

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :

Ikhwal Organik Indonesia bisa Dihubungi :
Telp: +62-22-87800115- 5946236, sms +62-811208648- 81572527115, e mail : marketing@kencanaonline.com, Jl. Raya Banjaran No 390 Pameungpeuk KM 13 Bandung, Skype : kencanaonline1,

Bacaan Ikhwal Organik

Cari di Organik Indonesia

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pertanian Organik Indonesia

Foto saya

Unique- Healthy & Eco Friendly

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik

Peluang Bisnis Produksi Pupuk Organik
Kini mengolah sampah di kota - sebagai sumber organik- karena bahan konsumsi dari pertanian di angkut semua ke pasar di kota- makin menggairahkan. kebutuhan kompos bagi bahan baku organik granul makin terbuka setelah teknologi granulasi bahan organik tersokong oleh subsidi pemerintah atas pupuk organik granul.

Video Organik Indonesia

Loading...

Video Produk Organik Indonesia

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini